MELELEHKAN

  1. Jangan biarkan air menyentuh cokelat pada saat dipanaskan. Jika tercampur air, hasil cokelat leleh tidak akan baik.
  2. Lelehkan cokelat pada suhu 80’C. Cokelat yang dilelehkan pada suhu tinggi warnanya akan buram, tidak mengilap, dan teksturnya kasar. Jika hal ini terjadi, cokelat tidak bisa dipakai lagi
  3. Cokelat tidak dapat dilelehkan langsung di atas api. Gunakan panci tim. Jangan tutup panci tim/mangkuk berisi cokelat, karena tutup akan berembun dan aimya menetes ke dalam cokelat, dan cokelat leleh akan rusak.

Ada beberapa cara melelehkan cokelat

Taruh cokelat cincang dalam panci
yang lebih kecil. Tuangi panci yang lebih besar dengan air didihkan, angkat dari atas api. Masukkan panci berisi cokelat di atasnya. Usahakan dasar panci berisi cokelat tidak menyentuh air. Aduk-aduk hingga cokelat meleleh.

Dengan mangkuk tahan panas

Taruh cokelat cincang dalam mangkuk. Tuangi panci dengan air, jerangkan di atas api sedang. Masukkan panci berisi cokelat di atasnya. Usahakan bibir panci benar-benar tertutup pingiran mangkuk dan dasar mangkuk tidak menyentuh dasar panci. Aduk-aduk hingga cokelat meleleh.

Dengan microwave

Potong-potong cokelat, taruh dalam wadah yang bisa digunakan untuk microwave. Lelehkan cokelat pada suhu HIGH hingga lunak (30 detik). Tidak ada waktu yang pasti untuk melelehkan cokelat tergantung jumlah cokelat yang akan dilelehkan, dan jenis microwave yang digunakan

TOFFEE DAN PRALINE

TOFFEE

Toffee disebut juga karamel, yaitu gula yang dimasak hingga berwarna kecokelatan. Toffee dapat dibuat dengan dua cara, tanpa air dan ditambahkan sedikit air.

  1. Toffee tanpa air : Taruh 65 g gula pasir di wajan/panci berdasar tebal. Jerangkan di atas api besar, goyang hingga gula meleleh dan berwarna cokelat rata. Lebih aman tidak mengaduk pada tahap ini.
  2. Toffee dengan air: Taruh 65 g gula pasir dan 2 sdm air di wajan/panci berdasar tebal. Jerangkan di atas api besar sambil sedikit air sambil digoyang diaduk-aduk hingga tiap butiran gula larut (tidak perlu mendidih). Setelah seluruh gula larut, didihkan karamel, masak tanpa diaduk hingga karamel berwarna kuning kecokelatan. Pada tahap ini karamel tidak perlu diaduk agar tidak mengkristal.

PRALINE

Dibuat dari toffee yang ditambahkan kacang (almond/hazelnut walnut) utuh/iris tipis/cincang, dibiarkan hingga keras, lalu ditumbuk hingga hancur

  1. Olesi loyang dengan minyak Tambahkan 65 g kacang ke dalam toffee. Aduk sebentar asal rata, tuang ke loyang, ratakan permukaannya. Biarkan hingga keras pada suhu ruangan, jangan disimpan dalam lemari es.
  2. Lepaskan praline dari loyang, patahkan kecil-kecil agar mudah dihancurkan. Hancurkan dengan penggiling hingga halus atau agak kasar (tergantung kebutuhan pada resep). Masukkan praline ke dalam wadah kedap udara, simpan di suhu ruang, agar tahan lama.
WhatsApp chat Hubungi Kami | 0877-0544-5615